Notification

×

Iklan

Iklan

Asal Muasal Martabak Manis Ternyata ?......

Minggu, 21 Agustus 2022 | Agustus 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-21T13:31:29Z

PasundanPost - Kuliner dunia yg tercipta di tanah Belinyu, kewedanaan Bangka Utara, martabak manis adalah salah satu kuliner dunia, kalau boleh saya katakan ini adalah warisan dunia, yg bermula dan lahir di tanah Belinyu, sekitar tahun 1937 ketika kapitan ke 2 berkuasa yaitu Tjen Djin Liong, putra Kapitan pertama Tjen Ton Long.

 Tahun 1937 ada seseorang bernama Tjhoi To penjual jajanan orang Belinyu, yaitu kue Cian toi, di jalan Ali Seng Terusan (di jalan ini pernah menjadi terminal bayangan angkutan Mantung - Belinyu). Kue jenis ini terbuat dari terigu dg. permentasi induk, dan diadon dg. Kuning telur ayam, dan dipanggang menggunakan arang dengan wajan datar terbuat dari babet.

Seiring permembangan zaman memudian kue jenis ini di sebut dengan AHIA PAN, karena pembuat kue ini adalah orang Hok Tjhia, dan beliau masih sekampung dengan srorang pengusaha sepeda yg kami sebut dengan baba Ah Hia. Selanjutnya kue ini tersebar ke daerah Song Kong ( Baturusa, Sungai Liat, Pangkal Pinang dan sekitarnya), sekitar tahun 1960an setelah kue ini dilanjutkan oleh saudara Tjhin Tet (maaf: hak waris adalah Tjhin Djioe Foek), orang Song Kong menyebutnya Hok Lo Pan (karena Tjhin Tet adalah orang Kong hu/Hok Lo). 

 Tjhin Tet pada waktu itu mangkal di Taman Butun (lahan ayahanda Meliati Butun), atau kita sebut taman THAI TJIANG ( sumur raksasa, sumber air minum orang Belinyu), di jln. Ah Aliseng, malamnya beliau mangkal di depan areal bioskop Ng (5) Sen Hi Djan ( Bioskop Belia).

 Siapakah Tjhin Tet? Tjhin Tet adalah raja kung Fu yg rendah hati, terbukti karena pernah terjadi, ketika itu ada seseorang yg cukup kami kenal bernama Cau, yg pada waktu itu adalah keamanan yg disegani, dan pernah terjadi salah paham, terutama bahasa, ketika Cau memukul dan tidak ada satupun pukulan yg mendarat ke tubuh om Tjhin Tet. Demikian sekilas tentang Martabak Manis asli BELINYU yg kuliner asli peniggalan dunia.(red)



Sumber : Belijong Group Bersatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update