Notification

×

Iklan

Iklan

Dampingi Tim Penilai KRL Kabupaten Bogor Sekcam Cigombong dan Kepala Desa Ciadeg Ikut Turun Kelapangan

Rabu, 21 September 2022 | September 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-21T02:26:52Z

BOGOR,PasundanPost-  Sekretaris Camat Cigombong Yedi Rachmawan mewakili Camat Cigombong didampingi Kasi Pemerintahan Kecamatan Cigombong Dewa Bachtiar Rifai bersama kepala Desa Ciadeg Wahyu Rahayu, melakukan kegiatan pendampingan tim Verifikasi KRL kabupaten Bogor dalam rangka penilaian Kampung Ramah Lingkungan "Ciadeg Ngadeg" dikampung Ciadeg RW 03 Desa Ciadeg kecamatan Cigombong kabupaten Bogor,Selasa (20/09/2022) 

Dalam kunjungannya tersebut, Yedi Rachmawan dan kepala Desa Ciadeg mengajak tim verifikasi penilaian KRL dari kabupaten Bogor untuk melihat langsung kondisi dan kegiatan di Kampung Ramah Lingkungan "Ciadeg Ngadeg" yang akan di verifikasi atau dinilai.

Sekcam Cigombong Yedi Rachmawan mengatakan, kedatangan tim penilai dari Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bogor ini dalam rangka melakukan verifikasi atau penilaian Kampung Ramah Lingkungan "Ciadeg Ngadeg" yang berlokasi diwilayah RW 03 Desa Ciadeg sebagai wakil kecamatan Cigombong tahun 2022.

"Kampung Ramah Lingkungan "Ciadeg Ngadeg" Desa Ciadeg merupakan perwakilan kecamatan Cigombong untuk lomba Kampung Ramah Lingkungan tingkat kabupaten Bogor tahun 2022." Ungkap sekcam

Sekcam berharap, dengan keterwakilan kampung "Ciadeg Ngadeg" dalam lomba KRL tahun 2022, ini bisa menjadi barometer Desa yang lain dikecamatan Cigombong untuk kedepannya, setiap Desa dikecamatan Cigombong harus sudah mempersiapkan diri kedepannya untuk ikut dilombakan. dengan demikian, saat lomba KRL tingkat kabupaten Bogor kembali dilaksanakan, Desa yang akan mewakili sudah benar benar siap untuk dilombakan nantinya.kata Sekcam

Sementara itu tim penilai Kampung Ramah Lingkungan Dinas Badan Lingkungan Kabupaten Bogor Solihin menyampaikan, bahwa hari ini tim KRL dari Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bogor datang ke kecamatan Cigombong untuk melakukan verifikasi atau penilaian Kampung Ramah Lingkungan yang ada di Desa Ciadeg RW 03 yaitu "Ciadeg Ngadeg." 

Kegiatan KRL ini, merupakan program rutin tahunan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bogor dalam rangka menjaga kesadaran masyarakat dalam pelestarian lingkungan serta pengelolaan sampah yang dapat dijadikan sumber penghasilan tambahan, adapun kriteria yang dinilai seperti kebersihan lingkungan, bang sampah, Biopori dan saluran atau selokan sekitar rumah.paparnya

Ditempat yang sama, Wahyu Rahayu Kepala Desa Ciadeg menyampaikan bahwa kampung Ciadeg RW 03 merupakan salah satu kampung yang penduduknya padat sedang dengan jumlah 500 jiwa kurang lebih.

Kampung Ciadeg RW 03 juga merupakan salah satu kampung yang tingkat pendidikannya cukup, rata rata mereka lulusan SMP, SLTA bahkan sekarang ini dikampung Ciadeg 03 sudah banyak yang lulus perguruan tinggi (Sarjana), ini dibuktikan dengan banyak warganya yang sekarang menjadi guru baik di sekolah Dasar,Madrasah, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

Melihat kondisi tersebut, tentunya masyarakat Ciadeg RW 03 sudah melek artian bahwa pendidikan itu sangatlah penting untuk masa depannya.terang kades

Gambaran Umum Kampung Ciadeg RW 03 Desa Ciadeg Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. 

1. Kampung Ciadeg RW 03 merupakan salah satu kampung padat penduduk yang terdapat di Desa Ciadeg. Kampung Ciadeg sendiri terbagi dalam dua RT, yaitu RT 01 dan RT 02 dengan jumlah penduduk sekitar 500 jiwa.

2. Secara struktur organisasi, Kampung Ciadeg berada di bawah pemerintahan Desa Ciadeg. Garis koordinasi dari desa sampai tingkat masyarakat dapat di gambarkan sebagai berikut:

Desa - Kampung - RW -RT - Warga 

Sementara itu, untuk hal-hal yang bersifat birokrasi, alur koordinasinya adalah kebalikan, yaitu mulai dari warga sampai tingkat desa. Alur tersebut dapat di gambarkan sebagai berikut:

Warga - RT - RW - Kampung - Desa

Selain hal di atas, di Kampung Ciadeg juga terdapat lembaga-lembaga lainnya, seperti BPD, LPM, PKK dan Karang Taruna. Ke empat lembaga tersebut ditujukan untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi dan kesejahteraan warga Kampung Ciadeg RW 03.

3.Kampung Ciadeg merupakan kampung kepadatannya sedang, dimana kebanyakan penduduknya berada di garis ekonomi menengah ke bawah. Sebagian besar warga Kampung Ciadeg RW 03 bekerja sebagai buruh,pegawai pabrik,PNS,guru honor, Wiraswasta, petani dan Polri.

Untuk tingkat pendidikan, SMP,SLTA dan Sarjana

4. Kampung Ciadeg merupakan salah satu daerah urban yang berada di kawasan Kabupaten Bogor. Oleh sebab itu, masyarakat Kampung Ciadeg merupakan masyarakat yang cenderung heterogen dari segi tingkat pendidikan, latar belakang suku/etnis, dan jenis pekerjaan. Variasi tingkat pendidikan warga Kampung Ciadeg mulai dari tamatan SLTP, SLTA, sampai Perguruan Tinggi. Sementara itu, variasi jenis pekerjaan warga tersebut mulai dari buruh harian lepas,petani, karyawan swasta,wiraswasta, Polri dan Pegawai Negeri Sipil, seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, begitu mayoritas warga tersebut berada di tingkat pendidikan sedang.

5. Seperti yang telah disebutkan di atas, kebanyakan warga Kampung Ciadeg merupakan tamatan SLTP dan SLTA untuk generasi tua. Tidak jauh berbeda, sebagian besar generasi muda di kampung tersebut juga berhenti di tingkat SLTP, SLTA dan perguruan tinggi.

Salah satu informasi menunjukkan hal tersebut melalui pernyataannya bahwa orang-tua akan membiayai sekolah anak selama anak mempunyai keinginan untuk bersekolah. perhatian orang-tua terhadap pendidikan anak cukup,karena selain orang tua mereka yang paham akan pendidikan, keadaan ekonomi keluarga yang berada di garis ekonomi menengah kebawah. tetapi Orientasi untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dan pendidikan anak cukup mengerti.(Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update