Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Ramdhan, Katar Cigombong Gelar Cucurak Bersama Siswa/i PKBM Ibnu Rusy

Senin, 20 Maret 2023 | Maret 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-20T03:50:31Z

BOGOR,PasundanPost - Cucurak merupakan tradisi khas yang berasal dari kebudayaan Sunda khususnya didaerah Kabupaten Bogor dan Kota Bogor. Ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Secara turun temurun, tradisi itu terus dipertahankan oleh masyarakatnya Sunda di Bogor hingga saat ini.

Seperti halnya PKBM Ibnu Rusy,  Tagar Motekar, Karang Taruna Kecamatan Cigombong dan Siswa/i, gelar acara cucurak / makan bersama sebelum menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H di Ponpes Asmaul Husna Kampung Padurenan RT 01 / 04, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor - Jawa Barat, Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut turut menampilkan Pencak Silat dari Cimande, serta dihadiri Staf Desa Alam, Babinsa, Ucup Ketua Rw, tokoh masyarakat dan Siswi / i kelas jauh dari PKBM Ibnu Rusy Kecamatan Cigombong.

Dalam sambutannya, Ketua Katar Cigombong, Rudi Suhendar menyampaikan acara cucurak ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT memberikan umur yang panjang untuk bertemu kembali dengan  bulan Ramdhan dan selesai nya ujian paket C Kelas jauh PKBM Ibnu Rusy kemarin tanggal 17-18 Maret 2023.

" Saya sangat terharu dengan perjuangan teman - teman Katar kecamatan Cigombong, tak terasa sudah tahun kita mengelola kelas jauh ini sampai sekarang sudah sampai   ujian akhirnya," 

Dia menambahkan, bahwa dirinya sangat mendukung perjuangan rekan - rekan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kecamatan Cigombong, salah satu cara nya dengan membuka kelas jauh PKBM Ibnu Rusy

"Tanpa mengurangi rasa hormat, saya sangat berterima kasih banyak atas bantuan serta kerjasama semua pihak, baik untuk PKBM Ibnu Rusy, pemerintah kecamatan , Katar Cigombong, Pemerintah Desa Ciburayut, Komunitas Tagar Motekar serta masyarakat yang mendukung," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Komunitas Tagar Motekar sekaligus pengurus Katar Kecamatan Cigombong, Belgi Alhuda mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan dukungan semua pihak yang sudah mengikuti acara cucurak ini. 

" Terima kasih kepada semua pihak terutama Katar Kecamatan Cigombong dari awal pembentukan, hingga menyempatkan hadir ditengah-tengah kami ditengah kesibukannya menyambut bulan Ramdhan, satu kata, Luar biasa," kata Belgi

Lebih lanjut, Belgi Alhuda menuturkan bahwasannya kegiatan cucurak di gelar hari ini adalah untuk memanjatkan syukur dalam rangka selesai nya siswa/i UPK Paket C serta menyambut bulan Ramdhan yang tinggal menghitung hari.

" Semoga, setelah kita berdoa bersama dalam acara cucurak ini, Allah SWT melancarkan urusan hidup kita serta menjalankan ibadah puasa yang tinggal beberapa hari lagi dengan keadaan sehat wal afiat," tutupnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update