Notification

×

Iklan

Iklan

Sungai Cisadane Hitam dan Bau, di duga adanya limbah Industri

Kamis, 12 Oktober 2023 | Oktober 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-12T11:54:34Z


TANGERANG, PasundanPost
- Sungai Cisadane di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, menghitam dan menimbulkan bau tidak sedap. Perubahan kondisi ini akibat limbah industri di bantaran sungai tersebut.

Ketua Forum Masyarakat Cinta Sungai Cisadane (FMCSC) Haji Yusin Sueb mengatakan, dampak bau tidak sedap yang diduga akibat limbah industri di bantaran Sungai Cisadane, dikeluhkan warga.

Saat ini, kami pantau kondisi Sungai Cisadane sudah sangat memprihatinkan, hitam pekat, berbau sangat menyengat. Sudah sangat memprihatinkan sekali,” ungkap Yusin Sueb, kepada wartawan kamis (12/9/2023)


Lebih memprihatinkan lagi, ungkapnya, para petani masih memanfaatkan Sungai Cisadane, untuk mengairi persawahan padi. Tentu dikhawatirkan hasil padi para petani tidak baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, Yusin Sueb meminta pemerintah daerah (Pemda) Tangerang sampai pemerintah pusat melakukan investigasi untuk mengetahui pemilik industri yang diduga mencemari Sungai Cisadane.

“Sejatinya, air Sungai Cisadane itu tidak hitam pekat dan berbau. Saya yakin ini adanya pelanggaran dalam hal pengelolaan limbah industri,” ujarnya.

Senada'saat di lokasih salah seorang warga Akmad beleng (45) mengatakan bahwa kami warga yang berdekan dengan bantaran kali sangat terganggu sekali dengan aroma bau tak sedap apa lagi jika menjelang malam pak' dengan wajah kesal 

“Ketika airnya surut seperti sekarang ini akan kelihatan. Kecuali memang debit airnya lagi tinggi, limbah engga kelihatan. Berapa sih kapasitas limbah rumah tangga, bila dibandingkan limbah industri. Saya yakin pencemaran ini akibat limbah industri di bantan sungai,” imbuhnya. (Romli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update